Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

MENGENAL ARTI "HILAL" LEBIH DEKAT

MENGENAL ARTI "HILAL" LEBIH DEKAT 
Setiap memasuki awal Ramadhan, selalu diramaikan dengan istilah Hilal. Tapi mungkin tak semua orang tahu tentang arti kata hilal ini. Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum. Hilal juga merupakan bagian dari fase-fase bulan. Seperti diketahui, dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam. Sementara penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan (visibilitas) bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 atau 30 hari.

Para ulama bersepakat bahwa bulan dalam Islam hanya 29 atau 30 hari, dan mereka juga bersepakat bahwa dalam penentuan bulan-bulan hijriah hanya digunakan salah satu dari dua cara: Rukyat (melihat) Hilal bulan berikutnya atau menggenapkan bulan sebelumnya menjadi 30 hari jika Hilal tidak terlihat.

0 komentar


Recent Comments